Monday, January 27, 2020

Hari Ke-16 PKL: Pomodoro

Gambar terkait


Hari ini Senin, 27 Januari 2020 saya berangkat dari rumah jam 06.55. Dalam perjalanan tidak ada sesuatu yang menarik untuk diceritakan, jadi langsung skip saja sampai di kantor. Saya sampai di kantor sekitar jam 07.30, dan saya langsung duduk di lobby, menunggu semua karyawan datang.

Sambil menunggu, saya memperbaiki beberapa tulisan yang typo di blog kemarin, yang di koreksi oleh pak boss lewat telegram kemarin. Yaa lumayan banyak tulisan yang typo. Padahal tulisan itu sudah saya baca ulang sebelum saya publish, tapi masih ada saja yang typo.

Setelah selesai memperbaikinya, kebetulan karyawan yang di lobby juga sudah datang. Langsung saja saya duduk di tempat saya. Karena tidak ada instruksi apa-apa dari pak boss maupun mas Ridwan, saya langsung melanjutkan pembelajaran tentang Ansible. Kali ini saya belajar tentang Ansible Variable dan Conditionals, materi yang cukup mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan. Jadi saya langsung membuat artikel tutorial tentang kedua materi tersebut.

Saya kira pak boss hari ini tidak datang, tapi sekitar jam 10 boss baru datang. Saya kira ingin memberikan briefing, tapi ternyata tidak. Pak boss hanya memberikan briefing kepada GM di PT Excellent saja.

Akhir-akhir ini saya menggunakan metode yang saya baca di blognya mas Ahmad Imanudin yang tentang pomodoro itu. Pertama kali saya mencobanya agak sulit untuk fokus kepada tugas dalam waktu 25 menit itu, dua kali mencoba sama saja, dan tiga kali coba masih sama saja. Ada saja godaan yang mengganggu, seperti notifikasi Whatsapp, pikiran yang kemana-mana, dll. 

Tapi hari ini saya pada saat mencoba metode pomodoro itu saya bisa sedikit fokus kepada tugas pada setiap 25 menit itu, dan 5 menit untuk istirahat. Menurut saya belum terlalu terasa efeknya, apa mungkin saya yang belum bisa fokus ke tugas atau di pikiran saya yang ada hanya menunggu waktu istirahat 5 menit itu. Tapi saya masih mau mencoba metode itu selama beberapa saat, mungkin sampai saya menyerah karena belum menemukan efeknya. 

Saya mempelajari dan mempraktekkan tentang materi hari ini sampai waktu istirahat. 5 menit sebelum istirahat bang Gun tanya mau pilih ayam atau bebek, saya berfikir bahwa pertanyaan itu untuk hari Jum'at dan saya langsung menjawab ayam. Ketika waktu istirahat tiba, saya langsung ke warteg untuk makan siang, warteg yang biasa saya datangi. Setelah selesai makan saya langsung kembali ke kantor dan beristirahat sebentar. Tak lama setelah itu ada banyak makanan yang datang, ternyata bang Gun mendata ayam atau bebek tadi untuk makan hari ini. Saya pun menyesal karena sudah makan di  warteg, tapi kata mas Afandi nanti boleh dibawa pulang jatahnya, yeayy lumayan untuk makan malam nanti. 

Setelah istirahat selesai, saya langsung membuat artikel tutorial tentang materi hari ini, saya tinggal memikirkan kata-kata karena bahan untuk prakteknya sudah saya siapkan pada saat saya praktek tadi. 

Membuat artikel itu selesai sekitar jam 2, artikel yang singkat, jadi cukup cepat untuk membuatnya. Setelah itu saya  langsung menulis artikel harian saya. Selesai sekitar jam 4. Setelah itu saya langsung membuat laporan untuk hari ini yang akan dikirimkan ke pak boss lewat email.

Setelah selesai semua, karena masih ada waktu sebelum pulang, saya membaca artikel di feedly sampai jam pulang tiba. Saya langsung beres-beres dan persiapan untuk pulang.

3 comments: